Senin, 17 Maret 2014

Menjaga Kesetiaan Membantu Menjaga Komunikasi

MENJAGA KESETIAAN MEMBANTU MENJAGA KOMUNIKASI
Setia satu kata yang mungkin tidak asing lagi bagi kita, apalagi bagi mereka yang menjalin sebuah hubungan spesial, kerap sekali dikaitakan dengan makna kesetiaan. Menurut Bernando J.Sujibto dalam bukunya yang bejudul “ 9 menit mempengaruhi dan menaklukan orang lain”, menyatakan bahwa kesetiaan menjadi kunci bagi keberhasilan suatu hubungan, baik dalam hubungan personal maupun dunia kerja. Di lihat dari ungkapan Bernando J.Sujibto tersebut, secara tidak langsung, bahwa sebuah kesetiaan merupakan hal yang sangat penting dalam menjalin sebuah hubungan.
 Namun tak  jarang dari kita yang mulai mengesampingkan kesetiaan dalam sebuah hubungan, akibatnya komunikasi dalam suatu hubungan menjadi terganggu, sebab kesetiaan yang tidak terbangun. Kemudian muncul satu pertanyaan, mengapa sebuah kesetiaan bisa mempengaruhi komunikasi?. Jawabannya adalah karena dalam menjalin sebuah komunikasi di dalam suatu hubungan memerlukan adanya kesetiaan, untuk terjalinnya suatu kepercayaan satu sama lain dan tidak saling merasa curiga. Sebab jika dalam menjalin suatu komunikasi, tapi tidak saling percaya satu dengan yang lainnya, maka komunikasi yang dilakakukan tidak efektif.
Contoh kecil saja misalnya, yang terjadi dalam hubangan sepasang kekasih, bila dalam hubungan tersebut terbina sebuah kesetiaan, maka komunikasi yang berlangsung pun akan berjalan dengan baik. Karena adanya rasa saling percaya yang tumbuh dari buah hasil kesetiaan yang mereka bina. Akan tetapi jika dalam sebuah hubungan tersebut tidak tumbuhnya kesetiaan, maka komunikasi yang terjalin pun akan terganggu dan bahkan akan terputus. Contoh lainnya yaitu dalam dunia kerja,seorang karyawan untuk mendapatkan kepercayaan dari atasannya,maka dia harus membuktikan kesetiaannya dengan cara tidak berpaling dari perusahaan tersebut dan terus melakukannya perkerjaannya dengan baik, sehingga dalam komunikasi antara karyawan dan atasan pun bisa berlangsung dengan baik karena terjalinnya kepercayaan satu sama lain.

Dari kedua contoh tersebut kita dapat melihat bahwa sebuah kesetiaan bisa mempengaruhi berlangsungnya sebuah komunikasi dan terjaganya komunikasi agar tetap harmonis, baik itu komunikasi yang terjalin antar personal maupun komunikasi dalam dunia kerja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar